Sunday, October 25, 2020

Tidur di Stasiun Utama

Kupaksa kaki agar keluar dari rumah. Sekedar untuk menghirup udara segar dan mengejar target minimal 5000 langkah perhari. Bingung mau kemana akhirnya kuputuskan berhenti di Hauptbahnhof atau stasiun utama Wina. Jam 21.00 masih ramai dengan orang-orang yang menunggu jadwal keretanya tiba. Ada yang antar kota dalam Austria, ada juga yang rute luar negeri. Sedangkan aku sendiri duduk di kursi kosong menghadap ke layar yang menunjukkan rute kereta api. 

Di belakangku, tentu menghapap berlawanan denganku, tidur seorang laki-laki paruh baya. "mungkin jadwal keretanya masih lama", gumamku. 15 duduk santai sambil melihat sekitar tiba-tiba terdengar suara "Guten Morgen", antara kaget dan penasaran, aku menoleh ke belakang.  2 polisi berdiri tegak membangunkan laki-laki yang sedang tidur. Sambil berbicara dengan bahasa jerman yang fasih tiba-tiba laki-laki itu mengeluarkan tanda pengenal. Setelah itu polisi tersebut pergi meninggalkan laki-laki tersebut dan mendekati pemuda bertopi di depanku. Tepatnya tiga baris didepanku yang kebetulan tidur juga. "Guten Morgen", polisi tersebut membangunkan pemuda bertopi itu. Dengan kaget, pemuda itu memberikan kartu tanda pengenalnya. Kemudian polisi tersebut pergi meninggalkan pemuda itu. 

Selang beberapa waktu, suara keras dan tegas terdengar dibelakangku. Dua petugas berseragam orange, sepertinya petugas stasiun,  meminta agar laki-laki tadi pindah dari tempatnya. Dari sisi kemanusiaan mungkin kasihan jika laki-laki yang tidur tadi "diusir" tetapi di negara ini, peraturan tetaplah peraturan yang harus dipatuhi. 


No comments:

Post a Comment